3 APLIKASI ANALISIS JARINGAN YANG BAGUS

Di dalam dunia Networking pastinya anda memerlukan sebuah tool-tool pendukung dalam pekerjaan anda, banyak sekali tool-tool yang bagus yang pastinya akan sangat berguna dalam membantu pekerjaan anda di dalam dunia networking. dan pada hari ini Kami akan membahas tentang 3 Tool/Aplikasi yang sangat berguna bagi kamu yang berkecimpung di dunia Networking. Berikut adalah Tool/Aplikasinya :

1. WIRESHARK 
Wireshark adalah sebuah aplikasi pengatur jaringan yang mampu menganalisa kinerja dalam sebuah jaringan, dan dapat menganalisa lalulintas dalam sebuah jaringan itu sendiri. Wireshark juga dapat menangkap Paket-paket data atau informasi yang berjalan dalam jaringan yang terlihat dan semua jenis informasi ini dapat digunakan dengan mudah dianalisa yaitu dengan memakai sniffing. dan jika kamu bisa mengetahui apaitu sniffing maka kamu akan bisa mengambil alih akun orang lain. Di apliaksi ini juga sudah support protokol seperti : Ethernet, Token-ring, FDDI, Serial(PPP dan SLIP),802.11 wirelles LAN dan Koneksi ATM.    

2. ETHERAPE 
Etherape adalah Aplikasi pengatur jaringan yang di kembangkan oleh Juan Toledo, Aplikasi ini mampu menscan sebuah jaringan dan membantu untuk menganalisi jaringan. Aplikasi ini sudah berbasi GUI (Grafik User Interface). Host jaringan ditampilkan dalam sebuah gambar lingkaran merah dengan ukuran yang bervariasi dan sesuai dengan pengaturan "Node Size Variabel" di bagian Preferensi. Sedangkan lalulintas antara host di gambarkan dengan garis yang berwarna sesuai dengan jenis protocol yang di gunakan. User juga dapat memilih dan mengatur mode protokol yang di pantau, seperti : Ether, Ip,TCP,Token Ring,FDDI,

3. TCP-Dump
TCP-Dum adalah sebuah tool yang berfungsi untuk menangkap paket data yang ada di dalam suatu jaringan dengan cara mencapture , membaca ata mendumping paket yang sedang di transmisikan melalui jalur TCP. Jika TCP-Dump berjalan di mesin ber platform seperti windows, maka akan sangat di butuhkan keberadaan wincap sebagai tool pendukung. Program ini biasanya dimanfaatkan untuk kepentingan analis dan trouble shooting (Perbaikan) dalam suatu jaringan sampai kepada kebutuhan utuk pengetahuan dan pendidikan. Hampir sama dengan wireshark akan tetapi aplikasi ini masih menggunakan system berbasis Text belum menggunakan GUI.

  
Nah tadi di atas adalah 3 aplikasi penganalisa jaringan yang menurut kami bagus untuk kamu yang sedang belajar di dunia Networing,








No comments:

Comments System

Disqus Shortname

Social

Advertisement

Powered by Blogger.