WOW !!!! 6 TEKNOLOGI CANGGIH YANG DI PAKAI OLEH ORANG-ORANG KOREA, BIKIN KAMU INGIN KE SANA !!!!

Ini adalah teknologi yang sudah ada di korea. jika melihat kecanggihan teknologi yang bisa kamu temukan dalam keseharian orang-orang Korea Selatan. Soal teknologi ini, memang sudah diakui bahwa Korea Selatan sering beberapa langkah di depan banyak negara lain. Bahkan banyak orang menyebut ibukotanya Seoul sebagai ‘the city of tomorrow’. 

Lalu apa saja teknologi itu ? tenang kami dari Tecnetindo sudah mengumpulkan teknologi-teknologi kecil Korea Selatan yang bikin kamu pengen ke sana..

1.  lampu bersensor yang nyala otomatis


Lampu yang otomatis nyala kalau pintu dibuka atau ada pergerakan via nixsun.com
Teknologi ini juga mulai bisa ditemukan sih di Indonesia, tapi masih jarang. Kalau di Korea Selatan sana, mungkin sudah jadi standar di setiap gedung atau rumah. Di rumah lampu bersensor seperti ini biasanya ditemukan di area pintu masuk, tempat mereka melepas sepatu. Disamping tak perlu gelap-gelapan begitu sampai rumah, teknologi ini juga bermanfaat untuk menghemat listrik lho.

2. banyak gambar makanan di subway atau jalanan, bukan poster tapi itu adalah Toko virtual

Yang tidak sempat ke toko, bisa menggunakan waktu luang menunggu kereta untuk belanja via www.amusingplanet.com

Korea dikenal sebagai negara yang mobilitasnya sangat tinggi. Kebanyakan orang Korea terlalu sibuk untuk pergi belanja. Karena itulah, teknologi Virtual Stores diciptakan untuk mereka yang tak punya waktu beli kebutuhan sehari-hari. Cara kerja toko virtual adalah dengan memajang barang-barang di tempat umum seperti stasiun, halte, dan subway. Orang yang ingin belanja, tinggal download aplikasi pendukung di smartphone, kemudian meng-scan ‘QR codes’ barang yang diinginkan. Setelah pembayaran selesai, barang akan diantar di hari yang sama. Jika membeli ketika sedang menunggu kereta pagi, pembeli bisa mendapatkan kebutuhannya tepat sepulang kerja. Wah praktis banget ya!
Bukan kapan manusia bisa mendarat di Mars atau bisa terbang, justru inovasi-inovasi kecil seperti inilah yang benar-benar memiliki dampak dalam kehidupan kita. Disamping skill membuat teknologi itu, sebenarnya yang lebih penting adalan sense atau kepekaan untuk mengetahui teknologi seperti apa yang dibutuhkan masyarakat. Teknologi boleh saja sederhana, tapi kalau tepat guna pastilah manfaatnya besar. Makanya bukan berarti kita harus mencontoh atau menjiplak teknologi-teknologi di atas, tapi ayo pikirkan bersama teknologi seperti apa yang memang dibutuhkan oleh rakyat Indonesia.

3. Kebanyakan rumah di sana tidak butuh kunci
Pintu rumah atau apartemen kebanyakan sudah digital, dibuka dengan password via www.mydigitallock.com.sg


Kunci rumah mungkin sudah jadi barang langka di Korea Selatan. Kecuali mungkin rumah-rumah lama atau di pedesaan, hampir semua pintu rumah maupun apartemen tidak memiliki lubang kunci. Pintunya dilengkapi sistem kunci digital yang dibuka dengan kombinasi password. Ada juga sih kunci tapi biasanya hanya dipakai di situasi darurat maupun maintanance. Buat orang yang selalu lupa atau malas bawa kunci rumah, teknologi ini bakal berasa seperti surga. Tapi ya harus tetap harus ingat password, nanti kalau nggak bakal seperti Chun Song Yi di atas yang selalu kekunci di luar rumah sendiri.

 4. banyak tiang wifi untuk memastikan tiap warganya dapat koneksi

Wifi di pasar tradisional via visitdaegu2011.blogspot.co.id

Ternyata bukan internet Korea Selatan itu bukan jempolan masalah kecepatan saja, tapi juga ketersediaan. Terutama di Seoul. Hampir di setiap pelosok kota ini, kamu bisa menemukan jaringan wifi. Maksudnya bukan cuma wifi yang disediakan kafe, restoran, atau tempat umum seperti stasiun lho. Di tengah jalan pun kamu bisa menemukan jaringan wifi jika punya paket langganan. Bukan paket data lho, tapi wifi yang disediakan provider teleponmu dan tersebar di mana-mana. Jadi ya tidak perlu tanya password.
Maka dari itu sepertinya lebih susah menemukan tempat yang tidak ada wifi di Seoul, daripada sebaliknya. Tapi perlu diingat juga sih dampak buruk dari kehidupan yang serba terkoneksi macam Korsel ini. Kalau sekalinya jaringan terputus seperti ketika gempa bulan September 2016 lalu, masyarakat langsung panik. Wah susah juga ya…

5. mensterilisasi gelas-gelas dari kuman

Setelah dipakai, gelas kotor ditaruh kembali ke lubang dibawahnya via twitter @tishasrivastaf via twitter.com


Restoran atau kafe dengan sistem self service memang banyak ditemui di Korea Selatan. Banyak restoran juga menyediakan air minum gratis, tapi tentu saja para pembeli harus mengambilnya sendiri. Nah biasanya gelas akan disimpan di tempat-tempat penyimpanan berlampu biru seperti ini. Eitss itu lampunya bukan biru karena pemilik restoran suka warna biru lho. Itu sinar Ultra Violet (UV) yang gunanya mensterilkan gelas dan peralatan makan yang disimpan di sana. Bukan cuma untuk menyimpan gelas saja, kotak penyimpanan sikat gigi yang terdapat di rumah biasanya juga sudah dilengkapi teknologi ini.

6. Alat yang membantu pelanggan memesan pesanan nya

Jika berbunyi dan menyala, artinya makanan sudah siap dan bisa diambil sendiri via www.world-walk-about.com


Kalau kamu suka berkunjung ke restoran atau kafe bertema Korea di sini, mungkin pernah melihat benda kecil ini. Nah benda inilah yang memungkinkan kafe-kafe di Korsel biasanya self service alias pelanggan tidak perlu diladeni. Pembeli memesan, mengambil, dan membersihkan makanannya sendiri. Pegawai juga tak perlu berteriak, pesanan nomor 12 sudah jadi. Setelah membayar pesanan, pembeli akan diberi satu alat ini. Jika alat sudah menyala, pembeli bisa berjalan sendiri mengambil makanan. Setelah selesai, pembeli juga diharapkan mengembalikan nampan dan peralatan makan ke area yang sudah disediakan.

 sumber : http://www.hipwee.com/feature/8-teknologi-sehari-hari-warga-korsel-ini-bikin-mupeng-berat-pasti-berasa-hidup-di-masa-depan/?utm_source=facebook&utm_campaign=jalantikus&utm_medium=social&utm_content=feature


1 comment:


  1. I read this article. I think you put a great deal of exertion to make this article. It’s such a good sharing.
    Check out the best deals happening now~
    best photographer
    digital lock
    best in Singapore
    air purifier
    pizza delivery

    ReplyDelete

Comments System

Disqus Shortname

Social

Advertisement

Powered by Blogger.